“ Kau yang disana yang berjiwa lemah, mendekat padaku dan raih tanganku karena kudisini pantang menyerah. Bersatu kita kuat, bersama kita hebat dan tak terkalahkan “
( Bondan Prakoso & Fade 2 Black )
Untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri kita pada kehidupan tidak hanya dengan mendengarkan seminar seorang motivator yang terkenal, banyak cara yang lainnya. Contohnya seperti kalimat diatas adalah syair sebuah lagu yang saat ini lagi tren dikalangan anak-anak muda, kalau kita amati syair lagu diatas mengandung kalimat motivasi yang mampu mengisnpirasi bagi orang yang mendengarkan lagu tersebut.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa masih banyak cara
atau ide-ide yang perlu dilakukan agar bisa menjadi kuat, hebat dan tak
terkalahkan, salah satunya adalah bekerja bersama-sama secara TEAM. Yang
menjadi pertanyaan adalah mampukah hal ini di lakukan secara maksimal? dengan
harapan bisa menjadikan usaha atau bisnis tetap unggul di saat persaingan
bisnis semakin ketat, konsumen yang semakin kritis dan pasar global semakin
menggila.
Apakah yang dimaksud
TEAM itu?
Sobat, disini kita akan membahas dan mencoba untuk menelaah
atau mengartikan kepanjangan dari kata-kata TEAM, kata TEAM merupakan singkatan
dari Team Work, Excellence, Achieving dan Moving Forward.Mari kita bersama-sama
mencoba untuk menerjemahkan arti kata-kata tersebut kedalaman Bahasa Indonesia,
yang mana kata-kata tersebut diatas bisa diartikan sebagai berikut :
Team Work
Team work bisa diartikan kerja tim atau kerjasama, team work
atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang
saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati
sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. Harus
disadari bahwa teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu
pribadi untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi,
bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan dari pribadi yang paling populer di
tim.
Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling
bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak
menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat
dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim,
beban dibagi untuk satu tujuan bersama.
Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci
kesuksesan dari teamwork. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan
ini. Meskipun terjadi perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera
menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan
terganggu, bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi
yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Makanya sangat penting
untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya.
Sementara untuk membentuk dan membangun team work yang
solid, tentu tidak semudah kita membalikan telapak tangan, team work yang solid
akan menciptakan hasil yang maksimal dalam suatu tim tersebut. Ada beberapa
poin-poin penting yang harus diketahui atau perlu di mengerti demi kebersamaan
dalam sebuah team work yang baik, adapun poin-poin tersebut adalah sebagai
berikut :
1. Teamwork adalah kerjasama dalam tim yang biasanya
dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan.
2. Sama-sama bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja
individual.
3. Filosofi teamwork: ‘Saya mengerjakan apa yang anda tidak
bisa dan anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa'.
4. Ketika berada dalam teamwork, segala ego pribadi,
sektoral, deparment harus disingkirkan.
5. Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target
bersama, bukan individual.
6. Keragaman individu dalam teamwork memang sebuah nilai
plus namun bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.
7. Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota
team akan menjadi modal sukses bersama.
8. Jika setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing,
target korporasi pasti akan segera terealisasi.
9. Individu yang egois mengejar target pribadi akan
menghambat keberhasilan team. Bayangkan jika si A mengejar target A & si B
mengejar target B, lalu target bersama bermuara kemana?
10. Keahlian
masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat
proses pencapaian target.
11. Kendalikan ego
dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemutusan kerjasama.
12. Dengan pemahaman
yang tinggi soal karakter individu dalam team, realisasi target tidak perlu
waktu yang lama.
13. Ingatlah selalu
bahwa: ‘Teamwork makes the dream work’.
Sobat, teamwork yang solid akan mampu memberikan hasil yang
maksimal, tentu karena kerja keras tim yang didukung oleh superman-superman
sebagai anggota tim sehingga bisa menghasilkan pemikiran-pemikiran yang hebat,
ide-ide yang super, bisa memberikan hasil yang maksimal dan luar biasa dalam
superteam tersebut. Sekiranya seperti itulah pengertian tentang teamwork yang
selama ini sering kita dengarkan dan sering kita bicarakan baik dalam lingkup
lingkungan kerja dan dalam lingkup saat kita bermasyarakat.
Excellence
Excellence bisa diartikan prima, unggul atau keunggulan yang
dapat diartikan sebagai hasil atau output dari proses yang sistematik dan sah
atau legal untuk mendapatkan dan menganalisa informasi mengenai pesaing bisnis
yang telah ada dan potensial. Outputnya mungkin terdiri atas rencana atau
pemikiran yang saat ini dilakukan pesaing, fokus mereka, kegiatan atau program
yang sedang dijalankan. Keunggulan juga mungkin terdiri atas penilaian akan
kekuatan dan kelemahan yang dimiliki pesaing serta identifikasi peluang serta
hambatan secara keseluruhan yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat keputusan
yang baik.
Dalam lingkungan yang kompetitif, ketahanan keunggulan
bergantung pada kesehatan bisnis yang sehat dan memiliki keunggulan yang
kompetitif. Ramuan penting dari keunggulan yang kompetitif adalah pengetahuan
akan peluang dan ancaman yang dimiliki pesaing, serta tidak kalah penting
adalah pengetahuan akan kekuatan dan kelemahan relatif yang dimiliki pesaing
terhadap bisnis kita.
Keunggulan yang kompetitif adalah kemampuan untuk
memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan
dari investasi yang dilakukan. Sekurang-kurangnya ada dua prinsip pokok untuk
meraih keunggulan yang kompetitif yaitu adanya nilai pandang pelanggan dan
keunikan produk. Jadi ada berbagai macam definisi keunggulan yang kompetitif
jika di lihat dari lingkunganya itu sendiri. Jika didefinisikan secara umum
keunggulan kompetitif adalah suatu keunggulan atau juga bisa di sebut sebagai
potensial yang menunjang suatu unsur yang begitu kompleks.
Peningkatan keunggulan dan peningkatan service harus
dilakukan secara terus menerus dan selalu diasah agar pelayanan terhadap
pelanggan pun meningkat dari waktu ke waktu. Peran karyawan dalam suatu
perusahaan menentukan kelangsungan perusahaan itu sendiri. Apabila mutu
pelayanan meningkat, dampak pada perusahaan secara menyeluruh akan dapat
dirasakan pula oleh para karyawannya.
Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata atau istilah
'Service Excellence', kemudian ada juga yang sekarang ini muncul Service
Excellence Awardyang baru saja kita raih. Hal ini diharapkan mampu mendorong
perusahaan-perusahaan swasta maupun non swasta saling berlomba-lomba untuk
memberikan sebuah Service Excellence dan pelayanan yang terbaik kepada
konsumennya.
Achieving
Achieving bisa di artikan capai atau mencapai target, yang
bisa diartikan keinginan atau tekad untuk bekerja dengan lebih baik atau
melampaui standart prestasi atau target, standart tersebut bisa berupa prestasi
diri sendiri dimasa lampau, ukuran yang obyektif yang melebihi orang lain,
sasaran yang menantang atau sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh orang
lain. Hal ini bisa menjadi dorongan untuk bertindak lebih baik dan efisien.
Orang yang tidak berprestasi atau orang yang tidak mempunyai
standart prestasi dalam bekerja adalah orang yang tidak menunjukan perhatian
khusus terhadap pekerjaannya, hanya melakukan apa yang di butuhkan dan hasilnya
tidak memenuhi standart kinerja yang baik. Adapun orang yang berprestasi akan
selalu memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Bekerja dengan baik untuk mencapai suatu target
· Mencoba bekerja dengan baik atau
benar.
· Mengekspresikan keinginan untuk
bekerja dengan lebih baik.
· Merasa tidak puas bila melihat
ketidakefisienan di tempat kerja (misalnya mengeluh karena waktu yang terbuang)
tapi tidak melakukan tindakan perbaikan yang spesifik.
2. Mencapai standar prestasi yang ditentukan
· Memenuhi standar prestasi atau
target yang ditetapkan oleh manajemen.
· Bekerja keras untuk memenuhi
persyaratan yang ditentukan (kualitas maupun waktu).
· Membuat ‘milestone’ (target
perantara), jadwal dan tenggat waktu untuk setiap tugas.
3. Meningkatkan kinerja
· Memperbaiki sistem atau metode
kerja untuk meningkatkan kinerja.
· Bekerja dengan lebih efisien,
lebih cepat, dengan biaya lebih rendah.
· Meningkatkan pelayanan kepada
pelanggan.
4. Menentapkan dan mencapai sasaran yang menantang
· Menetapkan sasaran yang menantang
dalam arti sasaran yang cukup sulit untuk dicapai namun realistis.
· Merealisasikan ide-ide baru yang
belum pernah dicoba.
· Membuat target untuk diri sendiri
yang melebihi target yang diberikan oleh perusahaan yang mengharuskan untuk bekerja
lebih keras tetapi masih dalam batas yang realistis.
5. Membuat analisis cost-benefit
· Membuat keputusan dan menetapkan
prioritas atau memilih sasaran berdasarkan perhitungan input dan output.
· Memikirkan tentang resiko dan
keuntungan yang ditimbulkan dari suatu tindakan.
· Menganalisa hasil kerja baik dari
segi finansial maupun non finansial.
· Melakukan studi atau analisa
kelayakan.
6. Mengambil resiko yang diperhitungkan
· Membuat komitmen dalam menyediakan
sumber daya dan waktu yang signifikan (dalam situasi yang tidak pasti) untuk
meningkatkan keuntungan.
· Mencoba membuat produk baru
seraya mengambil tindakan untuk meminimalkan resiko, misalnya melakukan riset
pasar.
Luar biasa sobat, mencapai target adalah kewajiban kita
semua yang sudah menjadi komitmen terhadap manajemen perusahaan. Tentu banyak
hal yang perlu dilakukan untuk mencapai target tersebut dan tetap semangat
sobat, kita adalah pemenang dan bisa mencapai target yang luar biasa.
Moving
Forward
Moving Forward dapat diartikan bergerak terus-menerus atau
melangkah lebih maju kedepan, bisa juga dijabarkan sebagai suatu usaha yang
dilakukan secara terus-menerus pada suatu pekerjaan atau usaha tertentu yang
bertujuan untuk melangkah lebih maju dan lebih baik dari saat ini.
Langkah-langkah untuk menjadi maju, selangkah lebih maju dengan yang lain (
kompetitor ) adalah sangatlah penting dalam suatu perusahaan sehingga bisa
terciptakan perusahaan yang dinamis dan mampu mengikuti tren perubahan jaman.
Setiap bidang pekerjaan yang geluti pastinya mengikuti kemajuan perubahan jaman
maka kita harus siap dengan perubahan tersebut.
Dalam suatu bisnis, tentu kita pernah berangan-angan
mengenai masa depan bisnis kita walaupun bentuknya sedikit berbeda dengan
kenyataannya. Survivor dalam suatu bisnis perlu berantisipasi dengan
memfokuskan pada kebutuhan pelanggan di masa depan. Bisa jadi berfokus pada
pelanggan adalah satu-satunya jalan keluar di masa sulit, karena tanpa pelanggan,
perusahaan tidak bisa meneruskan bisnisnya.
Ada beberapa faktor-faktor yang mendukung kemajuan
perusahaan atau membuat perusahaan lebih maju dari sekarang dalam menjalankan
suatu bisnis atau usahanya adalah sebagai berikut :
1. Product
Product bisa berupa barang atau
jasa yang dipasarkan kepada konsumen untuk konsumsi atau untuk digunakan
manfaatnya. Suatu product atau jasa yang unggul, berkualitas tinggi dan mampu
memberikan manfaat yang lebih kepada konsumen akan menjadikan market atau
penjualan menjadi tinggi.
2. Sistem
Sebuah sistem yang modern dengan
mengikuti kemajuan teknologi yang berkembang saat ini akan mampu bersaing dalam
suatu bisnis tertentu dan mampu menjawab atau mengikuti tren teknologi yang
bertujuan mempermudah pelanggan mencari, membeli dan menikmati suatu product.
3. Strategi
Perubahan-perubahan yang terjadi
dalam suatu product atau jasa dan sistem teknologi yang semakin lama semakin
canggih akan mendorong kita untuk berpikir bagaimana strategis yang cocok untuk
menentukan langkah. Strategi bisa berjalan dengan dukungan dari product yang
unggul dan sistem yang canggih
4. Karyawan
Dari ketiga faktor tersebut diatas
tidak bisa berjalan tanpa adanya karyawan atau user yang menjalankan bisnis,
karyawan menjadi faktor yang paling penting dalam hal kemajuan suatu
perusahaan.
Kemampuan karyawan akan dapat mengubah dan mempengaruhi
orang lain untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa suatu perusahaan
untuk memenuhi kebutuhannya, tentu dengan produk yang unggul dan sesuai dengan
manfaatnya akan mampu memikat hati pelanggan. Sebuah sistem yang canggih dan
strategi modern yang selalu mengikuti tren kemajuan teknologi akan membantu
karyawan untuk menjual product kepada pelanggan.
Sekiranya sepertilah sobat untuk menjadikan perusahaan yang
maju dengan kita selalu begerak terus-menerus maju kedepan dengan memaksimalkan
segala pikiran, ide-ide serta mampu menjalankan rencana masa depan perusahaan.
Sumber : dari beberapa sumber dirangkum oleh Mas Sukrok dan
Tim blocknotinspire
Sumber : blocknotinspire.blogspot.com